Eqin, Pemuda Pelopor Jatim Ajak Anak Muda Berani Ubah Diri Menjadi Lebih Baik

Sunday 29 October 2017, 08:02 WIB

Eqin, Pemuda Pelopor Jatim Ajak Anak Muda Berani Ubah Diri Menjadi Lebih Baik

Surabaya-Mutafawwiqin Rizqoni Ardiansyah, 22 tahun, Pemuda asal Bangkalan Madura Jawa Timur, menjadi bagian Pemuda Pelopor di Jawa Timur yang mendapatkan Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 Tahun 2017, Jumat, (27/10/2017) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Menyandang predikat Pemuda Pelopor dilalui oleh Eqin, panggilan akrab Mutafawwiqin Rizqoni Ardiansyah, dengan berbagai proses. Salah satunya keikutsertaannya dalam Program Pertukaran Pelajar Antar Negara 2017.

“Kebetulan tahun ini ada enam negara yakni Korsel, Singapura, Jepang, Australia, India, Australia dan Kanada. Dan Saya adalah perwakilan Indonesia di Korsel dan diamanahi sebagai Youth Leader.” kata Eqin.

Menurutnya, untuk bersaing dengan 600 lebih peserta dalam merebut 6 perwakilan yang dibutuhkan, tidaklah mudah. Harus melalui seleksi yang ketat agar terpilih menjadi perwakilan Indonesia.

“Pembelajaran paling besarnya dari pertukaran pemuda ini adalah Kita bisa mengetahui bagaimana pembangunan bidang kepemudaan di negara tersebut. Di Korea Selatan misalnya, bagaimana para pemuda disana mulai usia 9 tahun hingga 20 tahun, pengembangannya sangat bagus oleh pemerintahnya. Ada banyak sentral-sentral kepemudaan yang mengeksplore kemampuan para pemuda setempat.”ungkapnya.

Prestasi lain didapat oleh Pemuda kelahiran 7 april 1995, dari bidang sosial. Melalui Gerakan Bangkalan Bisa, yang saat ini telah menjadi yayasan, sedang mempersiapkan hal luar biasa untuk merangkul lebih banyak pemuda agar bisa berkontribusi pada aspek pendidikan di Bangkalan.

“Salah satu hal yang luar biasa itu kami sebut “Ruang Mimpi”. Kegiatan ini akan menjadi sarana mengajar dan belajar bagi adik-adik di Kampung Nelayan Bandaran dan para relawan. Kampung ini bisa dikatakan memprihatinkan, karena banyak pemudanya yang terjerat minuman keras, bahkan berujung meninggal dunia. Kami mengajar tiap minggunya disana agar juga pendidikan para pemuda bisa lebih baik lagi.”tutur Eqin.

Melalui momen Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun 2017 ini, Pemuda lulusan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2016, mengajak para pemuda untuk turut serta berpartisipasi dalam pembangunan, dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitarnya.

“Saya ingin mengutip Filosop Yunani, bahwa janganlah bermimpi mengubah dunia melainkan ubahlah mulai dari diri sendiri, dan lingkungan sekitar kita. Saya yakin para pemuda pasti punya mimpi yang besar. tapi mulailah dari hal yang kecil, mari mulai dari lingkungan kita.”ajak Eqin.

( Sumber RRI Online / www.rri.co.id )


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/admtvbin/public_html/wp-includes/functions.php on line 3707