Loading video

Lahirnya Dalang Cilik Tanpa Guru

Wednesday 27 July 2016, 02:23 WIB

Di tengah kekhawatiran pupusnya kesenian wayang kulit, selalu hadir harapan menggembirakan. Dalang dalang cilik lahir mengembuskan angina segar bagi lestari dan berkembangnya khasanah budaya Nusantara ini. Kakak beradik Prama Riza Fadlansyah 13 tahun dan Rafi Ramadhan 9 tahun menunjukkan bakat dan kemampuannya menjadi dalang wayang kulit. Dua anak anak yang lahir dan tumbuh di Jakaarta itu menunjukkan potensi menggeluti seni tradisi atas kemauan sendiri.

Yang mengejutkan, sebagaimana diungkapkan kakeknya, Prama dan Rafi adalah otodidak yang mampu menjadi dalang cilik tanpa didampingi seorang guru.

Prama dan Rafi yang malam itu tampil di sebuah desa di selatan kota Gombong, sudah mulai muncul bersama dalang dewasa bahkan pernah tampil mucuki atau mengawali pertunjukan wayang dengan Dalang terkenal Anom Suroto dan Pamungkah Bayu Aji.

Patah tumbuh hilang berganti, dalang dalang senior hilang lahirlah dalang dalang baru antaralain kakak beradik Prama dan Rafi.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/admtvbin/public_html/wp-includes/functions.php on line 3707